Resep Puding Buah Naga Berlapis Susu


Cara Membuat Puding Susu Resep Buah Naga Merah
Resep Puding Buah Naga
Resep Puding Buah Naga - Puding adalah nama untuk berbagai penutup atau dessert  yang mempunyai cita rasa manis dan segar disaat menyantapnya. Puding yang pada umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Dengan banyak varian inovasi dalam penyajiannya membuat pudding selalu menarik dan menggugah selera untuk segera disantap. Proses penyajian pudding nikmat dapat dibuat hanya dalam beberapa menit saja. Puding dengan bahan baku susu, tepung maizena, tapioka dan telur disajikan setelah didingankan dahulu. Buah naga merupakan salah satu buah yang banyak mengandung serat , jadi sangat cocok apabila dipadukan dengan susu sehingga menghasilkan puding yang enak dan segar juga bergizi. Berikut resep dan cara membuat puding susu lapis bauh naga merah, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
 
Bahan-bahan :
Bahan Puding Buah Naga
  • Buah naga merah - 1 buah
  • Air - 400 ml
  • Susu cair - 500 ml
  • Gula pasir - 50 gram
  • Garam - 1/2 sendok teh
  • Kuning telur - 1 butir
Bahan Puding Susu
  • Agar-agar nutrijel - 1 bungkus
  • Susu murni - 600 ml
  • Gula pasir - 50 gram
  • Garam - 1/4 sendok teh
  • Kuning telur - 1 butir

Cara Membuat Puding Buah Naga Berlapis Susu Sederhana :
  1.  Pertama-tama kita belah 2 bagian lalu ambil dagingnya, blender daging buah naga bersama dengan air sampai halus. Angkat dan tuangkan ke dalam panci sambil disaring agar hasilnya semakin halus, masukkan juga susu cair, gula pasir dan garam. Aduk rata kemudian masak dengan api sedang hingga mendidih sambil diaduk-aduk. 
  2. Setelah benar-benar mendidih, ambil dua sendok makan adonan lalu campurkan dengan kuning telur serta kocok hingga rata. Setelah rata, masukkan kembali ke dalam rebusan adonan serta aduk-aduk lagi hingga adonan mendidih dan matang.
  3. Matikan api lalu angkat dan tuang adonan ke dalam cetakan sesuai selera masing-masing, sisihkan dan biarkan hingga setengah beku. Sebelumnya jangan lupa basahi cetakan supaya puding mudah dilepas.
  4. Campurkan semua bahan puding susu dalam panci kemudian aduk-aduk sampai tercampur rata. Masak adonan tadi sambil diaduk perlahan-lahan sampai mendidih. 
  5. Ambil 1 sendok makan adonan lalu campurkan dengan kuning telur serta kocok hingga rata. Setelah rata, masukkan kembali ke dalam rebusan adonan sambil diaduk-aduk terus hingga adonan benar-benar mendidih. 
  6. Matikan api, angkat dan tuangkan adonan tadi ke atas puding pertama yang setengah beku atau setengah mengeras. Tetapi jika sudah terlanjur membeku, maka tusus-tusuk memakai garpu kecil supaya saat dikeluarkan dari cetakan, lapisan puding tetap menempel.
  7.  Dinginkan ke dalam kulkas dan keluarkan dari kulkas bila sudah beku, puding buah naga segar sudah siap untuk disajikan dingin-dingin.