Resep Kue Mangkok Tepung Beras Mekar Lembut


Cara Membuat Kue Mangkok yang Lembut
Resep Kue Mangkok yang Lembut
Kita mengenal banyak macam-macam kue basah tradisional dari bahan tepung beras, salah satunya adalah kue mangkok yang sangat populer sebagai jajanan pasar di bandung, jakarta, bogor, surabaya dan berbagai daerah di nusantara. Kue mangkok dengan aneka warna- warni seperti hijau, merah muda, kuning dan ungu sangat digemari oleh semua kalangan, anak-anak maupun orang dewasa. Resep kue basah yang satu ini dengan rasa yang manis dan lezat ini yang berbahan dasar utamanya adalah dari tepung beras yang lembut sebagai ciri khasnya. Cara mudah membuat kue mangkok yang lembut dan praktis bisa kalian dipraktekan di rumah, kue mangkok ini sangat cocok sebagai hidangan kala berkumpul bersama keluarga tercinta. Ingin mencoba cara membuat kue mangkok yang lezat, cukup dengan mempraktekan resep di bawah ini.

Bahan - bahan :
  • Tepung beras - 350 gram kualitas baik
  • Tape singkong - 250 gram
  • Air hangat - 600 ml
  • Gula pasir - 300 gram
  • Tepung terigu - 60 gram yang protein rendah
  • Baking powder - 2 sendok teh
  • Pewarna makanan merah muda, kuning, ungu, hijau dan warna-warna lainnya(sesuai selera)
Cara Membuat Kue Mangkok yang Lembut :
  1. Campurkan tepung beras, tape singkong, dan air hangat 200 ml lalu aduk sampai lembut,  kemudian tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil diuleni. 
  2. Masukkan tepung terigu dan baking powder lalu aduk sampai rata. Tuang sisa air sambil di aduk hingga tercampur rata, diamkan 30 menit.
  3. Ambil adonan, bagi menjadi 3 bagian, masing-masing beri warna merah muda, hijau dan ungu dan aduk hingga adonan tercampur rata. 
  4. Panaskan cetakan kue mangkok ke dandang hingga hingga benar2 panas. 
  5. Tuang adonan perlahan-lahan ke dalam cetakan tadi hingga penuh, lalu tutup dengan kain serbet yang bersih.
  6. Kukus adonan selama 30 menit sampai matang, angkat dan dinginkan.