Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak Sederhana


Cara membuat bubur ayam sederhana
Bubur ayam adalah bubur beras putih atau bubur nasi yang dimasak dengan tambahan air kaldu ayam atau bisa juga dengan santan hingga berasa sangat enak dan gurih. Cara membuat bubur ayam mudah dan sederhana akan tetapi penyajiannya yang ramai akan bahan pelengkap membuat bubur ayam menjadi hidangan yang spesial. Berikut skema bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuatnya agar lebih mudah untuk dipraktekkan.
  • Beras - 500 gram, cuci bersih
  • Air kaldu ayam - 2 liter
  • Garam - 1,5 sendok teh
  • Daun salam - 2 lembar
  • Daging ayam - ½ kg atau secukupnya
Saran penyajian :
Suwiran daging ayam, lada bubuk, kecap manis, kecap asin, sambal, kacang tanah atau kacang kedelai goreng, irisan cakue, irisan batang seledri, irisan daun bawang, taburan bawang merah goreng, remasan kerupuk atau bahan lainnya sesuai selera agar penyajiannya makin komplit, seperti telur, ati ampela dan lain-lain.

Cara Membuat Bubur Ayam Enak Sederhana :
  1. Daging ayam direbus dengan air hingga matang dan berkaldu, angkat dan tiriskan daging ayam. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan kemudian disuwir-suwir. Sedangkan air kaldunya dapat digunakan atau tambahan air untuk memasak beras.
  2. Masak beras dengan air kaldu, tambahkan daun salam dan garam. Selanjutnya terus masak sambil diaduk di atas api kecil hingga mengental dan menjadi bubur, tambahkan air jika diperlukan.
  3. Tuang bubur ke dalam mangkuk saji, beri lada dan kecap lalu hidangkan dengan tambahan suwiran daging ayam dan bahan pelengkap penyajian lainnya.