Resep Kue Kering Semprit Susu yang Renyah


Cara Membuat Kue Semprit Susu yang Renyah
Resep Kue Semprit Susu
Kue merupakan kudapan atau makanan ringan tapi bukan makanan utama. Kue yang biasanya bercita rasa manis dan ada juga rasa gurih dan asin. Ada beberapa jenis kue diantaranya kue basah dan kue kering. Kue kering adalah kue yang bertekstur agak keras tapi renyah yang dibuat dengan cara di oven atau disebut dengan cookies, kue kering memiliki daya tahan cukup lama sehingga banyak disukai oleh orang dewasa maupun anak-anak. bahan dari kue tersebut pada umumnya menggunakan tepung beras, tepung ketan dan terigu atau sagu.

Ada banyak dari variasi kue diantaranya kue kering semprit coklat, sagu, keju dan kue semprit NCC. Kue semprit yang memiliki rasa yang renyah dan manis, kue kering ini mempunyai bentuk yang bermacam-macam tergantung dari cara mencetaknya. Selain bentuk mawar ada juga bentuk seperti cincin yang tengahnya di taburi sukade atau manisan buah yang dikeringkan. Kue semprit yang kami buat adalah berbentuk mawar dan cincin sehingga banyak yang nyari, kue semprit renyah ini kita sering temukan di ruang tamu disaat hari raya lebaran dan lagi silaturahmi. Resep kue semprit dengan tekstur renyah bisa kita jadikan sebagai cemilan diwaktu kita diperjalanan mudik atau disaat acara arisan maupun acara keluarga. Cara membuat kue semprit dengan bahan dasar tepung terigu sangatlah mudah dan praktis dengan hiasan Chocochip dan sukade sebagai topingnya.
Bahan-bahan :
  • Tepung terigu - 800 gram (protein sedang)
  • Tepung maizena - 100 gram
  • Susu cream - 100 gram
  • Gula halus - 300 gram
  • Vanili - 1 sachet kecil
  • Kuning telur - 6 butir
  • Margarin - 300 gram
  • Roombutter - 100 gram
  • Sukade - 100 gram untuk hiasannya
  • Chocochip - secukupnya untuk hiasannya
Cara Membuat Kue Semprit Susu :
  1. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu, tepung maizena dan susu cream lalu diayak sampai rata dan sisihkan. 
  2. Siapkan wadah, masukkan margarin, roombutter, vanili dan gula halus lalu kocok, sambil dikocok masukkan kuning telur satu persatu lakukan sampai mengembang dan berubah warna menjadi pucat. 
  3. Setelah itu masukkan bahan yang sudah diayak tadi sedikit demi sedikit sampai tercampur rata dan bisa bentuk, diamkan kira-kira 15 menit agar adonan agak naik. 
  4. Sambil menunggu adonan naik, panaskan oven sampai suhu 180°C, siapkan loyang datar sambil diolesi margarin kemudian taburi dengan tepung terigu lalu sisihkan dahulu. 
  5. Setelah adonan mengembang dan siap dicetak( cetakan sesuai selera) sudah dicetak lalu tata diatas loyang dan beri hiasan diatasnya yang sudah disiapkan tadi. 
  6. Masukkan kedalan oven lalu panggang kira 15 menit atau sampai matang, lalu keluarkan dari oven dan simpan supaya dingin lalu masukkan kedalam toples kedap udara, dan siap untuk dihidangakan.