Resep Bubur Sumsum Enak Lembut yang Praktis


Cara Membuat Bubur Sumsum Enak dan Lembut
Resep Bubur Sumsum Enak Praktis
Bubur yang satu ini terbuat dari olahan tepung beras yang memiliki tekstur sangat lembut serta bercita rasa enak dan gurih. Bubur sumsum putih ini secara sederhana dihidangkan bersama siraman saus gula merah yang kental sehingga berpadu rasa gurih dan manis. Penggunaan daun pandan acap kali dipakai sebagai penambah kelezatan aroma atau bisa juga dikombinasikan dengan daun suji untuk memberi warna alami agar bubur sumsum menjadi hijau.

Cara membuat bubur sumsum sangat mudah dan praktis tetapi hasilnya bisa diandalkan sebagai menu hidangan keluarga sehari-hari, baik untuk menu sarapan di pagi hari, kudapan maupun sebagai hidangan penutup. Bahan-bahan yang digunakan sebagai adonan dasar juga tidak terlalu ribet dengan takaran 4-5 porsi banyaknya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak proses pembuatan bubur sumsum enak dan lembut berikut ini.

Bahan- bahan :
  • Tepung beras - 250 gram
  • Garam - 1/2 sendok teh
  • Daun pandan - 1 lembar disobek-sobek
  • Santan - 1200 ml
Saus :
  • Air - 200 ml
  • Gula merah - 250 gram
  • Daun pandan - 2 lembar
Cara Membuat Bubur Sumsum Enak dan Gurih :
  1. Campur sebagian santan, garam dan tepung beras lalu aduk-aduk sampai rata dan sisihkan.
  2. Masak sisa santan dengan daun pandan sambil aduk-aduk di atas api sedang hingga mendidih.
  3. Tuangkan larutan tepung beras kemudian aduk-aduk hingga matang dan mengental lalu matikan api. Proses memasaknya dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk agak lama supaya tidak berbau tepung mentah.
  4. Campurkan air, gula merah dan daun pandan pada bahan saus kemudian rebus hingga mengental lalu saring. Bubur sumsu siap disajikan dengan siraman saus gula merah.